More Website Templates at TemplateMonster.com!

Belajar Fotografi dari Smartphone

Pemahaman dunia fotografi memang begitu luas dan banyak sekali macamnya. Mulai alirannya, tekniknya, alatnya hingga karyanya begitu tak ada habisnya diulas . Berbicara mulai-mulainya tadi, ketika teman-teman ingin belajar fotografi ga harus mulai punya kamera. Setidaknya kita masih bisa menggunakan kamera handphone untuk berkarya. Dizaman modern saat ini, telepon seluler pintar sudah mulai canggih kameranya. Baik kualitas dan aplikasi yang ditawarkan. Ulasan ini memang simpel dan biasa diperbincangkan. Sama halnya bila ingin belajar fotografi ga perlu mahal, bahkan simpel dan biasa ada dilingkungan kita. Nah, tips-tips dibawah ini juga simpel untuk kita yang berkarya tanpa harus punya kamera.

1. Pastikan ketika ingin memotret jangan banyak goyah. Diam dan fokuskan apa yang ingin kamu potret. Biarpun smartphone, ada saja handphone yang dilengkapi dengan stabilzer optic loh.

2. Gunakan resolusi tinggi. Ini penting karena mempengaruhi kualitas gambar agar lebih jernih dan tajam . Semakin tinggi yang kamu pakai maka semakin jelas karya foto yang akan kamu capture.

3. Aturlah ISO dan tingkat kecahayaan. Jika dipengaturan kamera telepon selular mu memiliki pengaturan ini. Tentunya berguna untuk mengatur tingkat kecerahan pada sebuah hasil foto . Seperti halnya memotret dengan kamera, ISO merupakan salah satu pengaruh untuk mendapatkan intensitas cahaya dalam foto.

4. Manfaatkan mode fitur kamera. Seperti halnya panorama, night mode, sephia dan black and white .Bereksperimen dan manfaatkan semua mode ini didalam smartphone, lihatlah hasil-hasilmya.

5. Terus memotret. Jangan pernah berhenti memotret suatu objek dimanapun dan kapanpun . Lakukan berulang-ulang ketika kamu memotret suatu objek yang sedang kamu bidik agar mendapatkan hasil karya yang memuaskan.

6. Lakukan editing. Hal ini sudah menjadi hal yang tak bisa dilepas dari setiap karya foto agar terlihat lebih baik dan bagus. Manfaatkan aplikasi-aplikasi editing kamera handphone yang ada. Bagi pengguna smartphone android, ios, dan windows terdapat fitur-fitur aplikasi yang ditawarkan untuk digunakan bagi pecinta fotografi.

7. Share ! Berbagilah hasil karya jepretan kepada siapapun melalui berbagai sosial media seperti instagram, pinterest dan flickr. Tidak ada karya jelek atau buruk, yang penting teruslah berkarya. Manfaatkan lingkaran media sosial ini menjadi ajang berbagi dan diskusi pembelajaran untuk sesama pecinta fotografi maupun tidak.

Terakhir, sering-seringlah melihat karya orang lain baik melalui akun sosial media, buku dan pameran. Ini berguna untuk melatih ide kreatifitas dalam berkarya.

Jadi, memotret tidak harus mahal memiliki kamera canggih dengan fasilitas yang mendukung. Akan tetapi maksimalkan akan keterbatasan alat yang kita punya untuk selalu berkreatifitas dalam berkarya. Saat ini, banyak lomba fotografi yang menggunakan camera hp. Siapa tahu, hadiahnya bisa membeli satu buah kamera.

Tetep semangat, keep motret yah
Tulisan : Annisa Haismaida
Foto :Rahmat Hidayat