More Website Templates at TemplateMonster.com!

Garis

Dari bermacam-macam komposisi visual yang ada dalam materi fotografi. Garis merupakan salah satu unsur visual yang menjadi karakteristik yang dapat memperindah suatu karya foto. Kita ketahui, setiap sejauh mata memandang kita pasti melihat setiap garis. Menurut pandangan umum, kta mengetahui pandangan garis dilihat secara vertikal, horizontal dan diagoal. Namun, jika kita cermati suatu bentuk dan gambar dikarenakan ada unsur garis yang membedakan. Manusia dsalam padangan melihatnya dari satu benda ke benda lain dapat terbentuk dan membedakan karena ada garis. Singkatnya, tak ada garis maka tak ada bentuk dalam visual kita.

Garis memang memiliki arti penting dan banyak pandangan di dunia seni visual. Sepertinya dalam fotografi, garis memiliki peran penting dan selalu mempunyai arti tersendiri . Dan berbagai sekolah maupun komunitas dalam dunia fotografi memiliki pandangan tersendiri mengenai garis dalam setiap materinya . Begitu pun KMF KALACITRA, Garis merupakan salah materi yang diajarkan dalam Masa Pendidikan Dasar Fotografi (PDF).

Dalam materi yang diajarkan garis terbagi 2 macam yaitu Garis Nyata dan Garis Imajiner. Berikut pembahasan 2 macam garis

1. Garis Nyata

Pemahaman garis nyata dimateri ini, ialah unsur garis terlihat begitu jelas dan tidak dapat berubah-berubah saat sewaktu-waktu. Garis nyata didalam sebuah foto menunjukkan, suatu bentuk yang tidak dapat berubah dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya memotret sebuah rel kereta yang lurus dan seperti itu adanya dan tidak berpindah-pindah. Memotret barisan pohon cemara dihutan, jendela-jendela diperkantoran, itu merupakan unsur garis yang tetap dan tidak akan berubah dan dapat diubah-ubah.

Objek-objek contoh seperti gedung, jalanan, pohon dihutan merupakan sebuah objek garis nyata yang tidak dapat diubah atau dapat berubah dalam waktu yang sangat panjang.

2. Garis Imajiner

Berbalik dengan pemahaman garis nyata. Garis imajiner merupakan unsur garis yang dapat berubah dan diubah-ubah dalam waktu pendek. Garis imajiner tidak menetap unsur objek nya. Misalnya memotret barisan manusia sedang berjalan maupun antri, barisan mobil sedang diparkir maupun terjebak macet. Barisan-barisan tersebut jika dalam sebuah foto membentuk unsur garis imajiner atau garis yang sewaktu-waktu dapat diubah.

Contoh barisan manusia, kendaraan ataupun barisan benda yang bergerak tidak menetap ditempat seperti halnya gedung, trotoar jalanan, yang tidak dapat diubah.

Meski banyak pemahaman materi mengenai tentang garis. Semoga pembahasan di artikel ini dapat mejadi pembelajaran dan pengetahuan kita dalam berkarya fotografi.
Selamat bereksperimen dan salam fotografi .

Tulisan : Annisa Haismaida
Foto : Nurul Ramadhan