Mengenang Masa Kelam, Teater Syahid UIN Jakarta Hadirkan Pentas Bertajuk Janger Merah

KALACITRA.COM - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Syahid menggelar pentas teatrikal bertajuk "Janger Merah" di Aula Insan Cita, Ciputat pada Minggu (03/10/2021).

Peristiwa pembongkaran kuburan massal korban tragedi pasca G30 September karya Ibed Surgana Yuga menjadi latar belakang cerita utama yang ditampilkan dalam pementasan tersebut. Srengi yang diperankan oleh Shafna Safira dan Suane oleh Ridho Hafiez, menjadi peran utama dalam membawakan cerita masa kelam yang mereka alami di masa lalu.

“Pementasan ini ditampilkan secara langsung dan daring melalui youtube Teater Syahid dalam rangka mengikuti ajang Festival Teater Kampus Jakarta.” Terang Nur Qoyimah selaku pimpinan produksi kepada Kalacitra, Minggu (03/10).

“Sebelum pandemi, Teater Syahid mengadakan pertunjukan skala besar dua kali dalam setahun, namun sejak pandemi kita harus adaptasi dengan keadaan, dan baru kali ini mencoba mengadakan pementasan skala besar secara langsung kembali, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan”, Ungkap Qoyimah.

Selanjutnya, Qoyimah mengatakan bahwa pementasan yang melibatkan 16 aktor dan kru yang terdiri dari sejumlah anggota Syahid beserta mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra (PBSI) angkatan 2019 ini telah disiapkan sejak 3 bulan yang lalu.

“Semoga pertunjukan ini bisa dinikmati oleh banyak orang, bukan hanya penikmat seni pertunjukan tetapi juga masyarakat umum. Semoga dari pertunjukan ini juga ada nilai-nilai yang dapat diaplikasikan dan menjadi refleksi kehidupan. Proses dalam pertunjukan ini bisa jadi media pembelajaran bagi seluruh kru yang terlibat, dan tentunya dalam ajang festival ini Teater Syahid menjadi salah satu teater yang terbaik,” Tutup Qoyimah.

Penulis dan Foto : Muhammad Zacky M

Editor : Nidya Restu Lestari