Tentang Kami

Sejarah KMF KALACITRA

Sejarah Sejak berdirinya kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang kini telah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, belum ada lembaga kegiatan mahasiswa independen tingkat universitas yang khusus bergerak dibidang fotografi.

Meskipun ada lembaga fotografi mahasiswa, namun lembaga tersebut tidak independen dan masih berada didalam sub organisasi tertentu, seperti Ranita Photography Club (RPC) berada di bawah organisasi Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) RANITA UIN Jakarta, Divisi Fotografi milik Kelompok Pecinta Alam (KPA) ARKADIA UIN Jakarta, dan Divisi Arsip Foto dibawah Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) INSTITUT UIN Jakarta. 

Atas prakarsa saudara Andi Kristianto (Mahasiswa Fakultas Ushuluddin) dan Muhammad Busyro Karim(Mahasiswa Fakultas Syariah), pada tanggal 08 November 2000, di Aula Madya UIN Jakarta, dideklarasikanlah sebuah komunitas fotografi semi independen di bawah naungan LPM INSTITUT yang dinamakan Komunitas Mahasiswa Fotografi Indonesia (KMPFI) GALERI PAPARAZZI. 

Kegiatan awal KMPFI GALERI PAPARAZZI adalah melakukan rekrutmen anggota melalui pelatihan dasar fotografi. Selama medio tahun 2000- 2001, KMPFI GALERI PAPARAZZI telah melaksanakan beberapa kegiatan pameran foto dan studi banding dengan organisasi fotografi mahasiswa di kampus lain. 

Seiring perjalanan waktu dan apresiasi para anggota maupun mahasiswa UIN lainnya, muncullah ide agar KMPFI GALERI PAPARAZZI dapat berdiri secara independen dan menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bawah naungan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) UIN Jakarta. Setelah melalui diskusi perencanaan yang panjang, maka disepakatilah oleh para anggota dan pengurus KMPFI GALERI PAPARAZZI untuk menjadikan organisasi ini sebagai UKM di UIN Jakarta. Akan tetapi, sebelum menjadi UKM, pada tanggal 17 September 2001, di Taman Tarbiyah UIN Jakarta, berdasarkan kesepakatan bersama antar anggota dan pengurus, KMPFI GALERI PAPARAZZI diubah namanya menjadi Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) KALACITRA, dengan ketua umum pertamanya saudara Andi Kristianto. 

Setelah nama berubah, dari KMPFI GALERI PAPARAZZI menjadi KMF KALACITRA, barulah dilaksanakan proses pemenuhan administratif untuk dapat menjadi UKM di UIN Jakarta. Alhamdulillah, berkat kerja keras dan dukungan para mahasiswa UIN Jakarta, pada tanggal 26 Oktober 2002, KMF KALACITRA disahkan/ditetapkan oleh Kongres Mahasiswa Universitas (KMU) UIN Jakarta menjadi UKM baru di bawah naungan KBM UIN Jakarta. Sebagai langkah awal pergerakan KMF KALACITRA, maka dibenahilah strukutur organisasi dan program-program kegiatan KMF KALACITRA. Berdasarkan hasil Musyawarah Akbar Anggota (MAKA) I KMF KALACITRA, disepakatilah beberapa hal mendasar yang menjadi arah pergerakan dan kegiatan organisasi, seperti: Pedoman Organisasi, Keanggotaan, Kode Etik Anggota, Struktur Organisasi, Program Kegiatan dan beberapa Ketetapan (TAP) MAKA.